KUNJUNGAN LAPANG


KUNJUNGAN LAPANG BALITTRI (BALAI PENELITIAN TANAMAN INDUSTRI DAN PENYEGAR)



A.        Sejarah Singkat Balitri
Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang terletak di Jalan Raya Pakuwon - Parungkuda, Km 2 Sukabumi dibentuk berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 65/Permentan/OT.140/10/2011 tanggal 12 Oktober 2011 adalah hasil dari transformasi Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri) karena perubahan tanaman mandat.
Perjalanan panjang Balittri dimulai ketika menjadi perkebunan (Afdeling) Pakuwon yang merupakan bagian dari PTP XI pada tahun 1975, kemudian menjadi Kebun Percobaan Pakuwon dari Lembaga Penelitian Tani Indonesia (LPTI) pada tahun 1976. Pada tahun 1980 berubah menjadi Sub Balai Penelitian Tanaman Industri Pakuwon dan Tahun 1984 Sub Balai Penelitian Kelapa Pakuwon.
Dalam rentang waktu 10 tahun kemudian menjadi Loka Penelitian Pola Tanam Kelapa yang merupakan bagian dari Departemen Pertanian Republik Indonesia tahun 1994, ada perubahan kembali pada tahun 1998 menjadi Loka Penelitian Pola Tanam Kelapa di bawah Departemen Kehutanan dan Perkebunan. Pada tahun 2000 kembali di bawah organisasi Departemen Pertanian menjadi Loka Penelitian Tanaman Sela Perkebunan,
Akhirnya Pada Tahun 2006 sesuai Permentan No.14/Permentan/OT-140/3/2006 berubah menjadi Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka tanaman Industri (Balittri) dan karena adanya perubahan tanaman mandat berubah menjadi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sesuai Permentan No.65/Permentan/OT-140/10/2011 dari tahun 2011 sampai dengan sekarang.

B.        Tugas Pokok dan Fungsi
Sesuai dengan Surat Peraturan Menteri Pertanian No: 65/Permentan/OT.140/10/2011 tanggal 12 Oktober 2011, tugas tanaman industri dan penyegar adalah melaksanakan penelitian tanaman industri dan penyegar. Dalam melaksanakan tugas tersebut, BALITTRI menyelenggarakan fungsi :
  §  Pelaksanaan penelitian genetika, pemuliaan, perbenihan tanaman industri dan penyegar.
  §  Pelaksanaan penelitian eksplorasi, konservasi, karakterisasi dan pamanfaatan plasma nutfah tanaman industri dan penyegar.
  §  Pelaksanaan penelitian agronomi, morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopatologi tanaman industri dan penyegar.
  §  Pelaksanaan penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnis tanaman industri dan penyegar.
  §  Pemberian pelayanan teknik kegiatan penelitian tanaman industri dan penyegar.
  §  Penyiapan kerjasama, informasi dan dokumentasi serta penyebarluasan dan pendayagunaan hasil penelitian tanaman industri dan penyegar.
  §  Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Balai.

C.        Laporan Kunjungan Lapang ke Balittri
Fakultas Pertanian Universitas Nasional pada hari Kamis, 27 April 2017 melakukan kunjungan lapang ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam rangka mengenal lebih dekat tentang pengelolaan Kebun Percobaan yang ada di Balittri termasuk kebun Agro Widyawisata Ilmiah (AWwI) yang dimiliki oleh Balittri. Dalam kunjungan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian, yaitu Ir. Inkorena G.S Sukartono, M.Agr. dan yang diikuti oleh ± 17 mahasiswa disambut oleh Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diarahkan untuk mengenal dekat tentang pengelolaan kebun percobaan terutama kebun AWwI yang sudah mampu berkiprah dalam pengelolaan tanaman mandat khususnya tanaman kopi, kakao, karet, dan teh, serta pengelolaan Bioenergi. Rombongan yang dipandu oleh Ir. Dibyo Pranowo, dipersilahkan mengenal tentang pengelolaan hulu-hilir kopi dan kakao termasuk bioprosesing pengolahan pascapanen kopi dan kakao hingga menjadi produk yang siap dipasarkan, baik dalam bentuk powder cokelat dan kopi serta variasi kemasan permen cokelat.  Rombongan juga diperkenalkan tentang berbagai jenis minyak hasil prosesing biodiesel tanaman kemiri sunan.

Proses Penyulingan Serai Wangi



Mesin Pengolahan Kakao menjadi Coklat



Mesin Pengolahan Biji Kopi




Budidaya Kopi melalui Stek Berakar



Pengolahan Biodiesel

    



DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan Populer